setelah kita mengenal tool-tool coreldraw,
sekarang mencoba mulai menggambar dan menggunakan transformasi. untuk
membuka transformasi pilih menu arrange -> transformation
• Size dan Position
Size artinya ukuran, sedangkan Position adalah posisi. Kalo digabungin jadinya ukuran posisi atau posisi ukuran “ya ga”. Dengan menggunakan tool-tool transformasi pada toolbox anda dapat mengatur ukuran dan posisi suatu obyek secara cepat dan akurat. Meskipun anda dapat melakukan hal tersebut dengan cara klik dan drag namun untuk desain tertentu yang butuh ketelitian penggunaan tool-tool transformasi jauh lebih praktis dan lebih mudah.
Size artinya ukuran, sedangkan Position adalah posisi. Kalo digabungin jadinya ukuran posisi atau posisi ukuran “ya ga”. Dengan menggunakan tool-tool transformasi pada toolbox anda dapat mengatur ukuran dan posisi suatu obyek secara cepat dan akurat. Meskipun anda dapat melakukan hal tersebut dengan cara klik dan drag namun untuk desain tertentu yang butuh ketelitian penggunaan tool-tool transformasi jauh lebih praktis dan lebih mudah.
2. Klik menu Arrange -> Transformation -> Size untuk menampilkan docker transformation.
3. Angka-angka pada size adalah ukuran
obyek kotak yang kita buat. Kita bisa merubahnya dengan mengganti
parameternya, baik untuk size,position, rotation, termasuk kita bisa
menduplikat obyek tersebut.
• Skewing
Skewing pada dasarnya hampir sama dengan scale yaitu untuk mengubah bentuk obyek, bedanya skewing memungkinkan Anda mengatur ukuran dengan sudut.
Skewing pada dasarnya hampir sama dengan scale yaitu untuk mengubah bentuk obyek, bedanya skewing memungkinkan Anda mengatur ukuran dengan sudut.
• Weld
digunakan untuk menggabung beberapa obyek menjadi satu obyek tunggal. Saat penggabungan, beberapa bagian obyek yang bersentuhan akan berubah menjadi satu obyek kurva tertutup.
digunakan untuk menggabung beberapa obyek menjadi satu obyek tunggal. Saat penggabungan, beberapa bagian obyek yang bersentuhan akan berubah menjadi satu obyek kurva tertutup.
• Trim
Fungsi trim adalah untuk memotong bidang obyek yang saling bersentuhan. Dengan kombinasi fungsi weld Anda dapat menciptakan berbagai bntuk obyek kurva tertutup secara cepat dan mudah.
Fungsi trim adalah untuk memotong bidang obyek yang saling bersentuhan. Dengan kombinasi fungsi weld Anda dapat menciptakan berbagai bntuk obyek kurva tertutup secara cepat dan mudah.
• Intersect
Fungsi intersect hampir sama dengan trim yaitu untuk memotong, bedanya intersect akan membuat potongan dari bagian yang bersentuhan.
Fungsi intersect hampir sama dengan trim yaitu untuk memotong, bedanya intersect akan membuat potongan dari bagian yang bersentuhan.
• Group dan Ungroup
Group digunakan untuk mengelompokan beberapa obyek menjadi satu.
Sebaliknya Ungroup digunakan untuk memisahkan kembali obyek yang telah
dikelompokan menjadi.
Menggeser Posisi Objek dan Menduplikasinya
- Klik pada objek kemudian pilih icon position pada docker transformation.
- Atur posisi koordinat perpindahan (x atau y) atau menggunakan posisi relative (di gambar keterangan nomor 3) dengan klik pada icon kotak kecil atas, bawah, kiri, kanan, pojok kiri kanan, atas bawah.
- Masukan jumlah copies jika ingin menggerser objek sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin menggerser objek.
- Klik Apply (lihat gambar).
Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 1 x ) pada objek yang akan di pindahkan (jangan dilepas) kemudian tekan tombol Ctrl
di keyboard agar posisi perpindahannya sejajar baik atas bawah maupun
kiri kanan, geser objek ke posisi yang diinginkan kemudian klik kanan dan lepas bersamaan tombol Ctrl, tombol mouse kiri dan kanan.
Tips dan trik di atas jika berhasil akan menduplikasi objek sebanyak 1x
dan menggersenya ke posisi yang anda arahkan. Jika tidak ingin
menduplikasinya jangan gunakan klik kanan.
Memutar Objek dan Menduplikasinya
- Klik pada objek kemudian pilih icon Rotate pada docker transformation.
- Atur sudut perputaran dalam derajat gunakan tanda minus (-) untuk memutar searah jarum jam
- Atur posisi poros (center / pusat rotasinya) melalui koordinat x atau y atau posisi relatifnya (lihat keterangan gambar pada nomor 3 & 4)
- Masukan jumlah copies jika ingin memutar objek sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin memutar objek
- Klik Apply (lihat gambar).
Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 2 x) pada objek yang akan di putar sampai terdapat tanda rotasi di setiap pojoknya ( garis panah melengkung ) kemudian geser pusat rotasi ke posisi yang diinginkan klik kiri (jangan dilepas) pada bagian garis putar di salah satu pojok, kemudian putar sampai posisi yang diinginkan dan klik kanan dan lepas bersamaan jari di mouse anda.
Tips dan trik di atas jika berhasil akan menduplikasi objek sebanyak 1x
dan memutarnya ke posisi yang anda arahkan. Jika tidak ingin
menduplikasinya jangan gunakan klik kanan.
Mirror dan Menduplikasinya
- Klik pada objek kemudian pilih icon Scale and Mirror pada docker transformation.
- Atur presntase skala untuk objek yang akan dihasilkan dari proses mirror, pilih mirror horizontal/vertikal di sampingnya atur posisi relatif cermin jika diperlukan
- Masukan jumlah copies jika ingin mencerminkan objek sekaligus menduplikasinya dan biar kan 0 jika hanya ingin mencerminkan objek
- Klik Apply (lihat gambar).
Tips dan Trik Mouse : Klik kiri ( 1 x ) pada objek yang akan dimirrorkan kemudian klik dan tahan (jangan dilepas) pada kotak kecil warna hitam bagian atas tengah, bawah tengah, kiri tengah, kanan tengah. (jika ingin dimirror ke bawah maka yang di klik kotak hitam bagian atas dan sebaliknya) dan tekan Ctrl di keyboard kemudian arahkan ke sesuai arah mirror kemudian klik kanan dan lepas bersamaan tombol Ctrl, tombol mouse kiri dan kanan.
Mode Shape
Seperti
yang dijelaskan di atas, objek vektor yang ada pada corel ada 2 macam. Nah
sekarang kita akan membahas pengolahan objek shape yang ada pada coreldraw.
Ketika shape tool dipilih maka bisa Anda lihat propery bar tidak berubah,
artinya masih sama property yang ada pada shape aktif / terpilih.
Klik
tahan dan geser ke kiri atau ke kanan pada node / titik point yang ada pada
shape lingkaran. Akan sangat memudahkan jika kita mengaktifkan snap to pada
saat proses modifikasi lingkaran menjadi pie ini.
Tutorial
CorelDraw Menggunakan Shape Tool
Notes
:
Khusus
pada shape lingkaran. Lingkaran akan berubah menjadi potongan kue pie tertutup
jika pointer mouse Anda di dalam lingkaran. Lingkaran akan menjadi pie terbuka
/ arc jika pointer ouse Anda di luar lingkaran.
Mode
Kurve
Klik
kanan shape ( dalam tutorial ini sebagai contoh adalah lingkaran) yang sudah
dibuat kemudian pilh Convert to Curve [ CTRL+Q ]. Langkah ini membuat shape
menjadi kurva sehingga bisa dimodifikasi menjadi layaknya garis tertutup /
terbuka.
Tutorial
CorelDraw Menggunakan Shape Tool. Pilih shape tool dan klik pada yang tidak ada
node-nya, maka property bar berubah menjadi seperti gambar di bawah.Tutorial CorelDraw
Menggunakan Shape Tool
Fungsi
Masing-Masing
1. Add nodes
Digunakan untuk menambah node pada saat memilih kurva yang
tidak ada node-nya
2. Delete nodes
Menghapus node terpilih
3. Join two nodes
Menggabung dua node terpilih
4. Break curve
Membuka kurva yang tertutup / terbuka, akan tercipta dua
node yang saling tak terikat
5. Convert to line
Mengubah garis kurva menjadi garis lurus pada objek kurva
6. Convert to curve
Mengubah garis lurus pada objek kurva menjadi garis kurva
7. Cusp node
Mengubah node menjadi pojokan, handle tidak saling
mempengaruhi
8. Smooth node
Mengubah menjadi node lembut, lengan handle bisa berbeda
panjangnya
9. Symmetrical node
Mengubah menjadi lembut dengan lengan handle sama panjang
10.Reverse
direction
Mengubah ujung node pada garis / objek kurva menjadi pangkal
dan sebaliknya
11.Extend
curve to close
Menutup ujung dan pangkal / dua titik node terpilih berupa
garis lurus
12.Expand
subpath
Memisah objek kurva yang terdiri dari 2 garis atau lebih
sehingga menjadi 2 objek kurva yang saling berdiri sendiri. Hampir sama dengan
break apart.
13.Close
curve
Menutup objek kurva terbuka dengan garis lurus, perbedaan
dengan extend curve to close adalah kita tidak perlu memilih node mana yang
harus ditutup.
14.Stretch
or scale nodes
Mentransformasi node terpilih sehingga panjang garis pada
node terpilih bisa memanjang atau memendek.
15.Rotate
or scew nodes
Memutar atau memiringkan node terpilih yang akhirnya panjang
garis node terpilih bisa memanjang atau memendek
_____________________________________________ 1. Pengenalan Menu dan Tolbox yang Ada di CorelDraw X4.
______________________________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar